Sabtu, 02 Januari 2016

Garda Muda IPJ STMKG



Kalau dipikir-pikir, 16 itu menjadi angka yang precious bagi saya beberapa tahun belakangan ini. Bagaimana tidak, jika sebelumnya saya menulis tentang 16 orang yang menjadi keluarga di sebuah house, maka pada saat kuliah kini, Tuhan kembali hadirkan 16 orang dalam organisasi yang saya ikuti. Tuhan tidak mungkin menghadirkan sesuatu tanpa alasan, bukan? Itulah yang membuat saya terus berprasangka baik terhadap setiap hal yang Tuhan berikan untuk saya. Organisasi yang saya maksud biasa disebut IPTEK dan Jurnalistik (IPJ). Nah, tulisan kali ini saya buat sebagai ungkapan terimakasih atas kehadiran mereka yang membuat saya banyak belajar serta untuk setiap bantuan dan support yang mereka berikan selama kurang lebih setahun ini. Yuk mulai baper-annya! 



 Yang pertama adalah Anak Agung Istri Dwilyantari. Terlihat jelas dari namanya, kan? Kalau cewek kece yang satu ini berasal dari Bali. Selain sama-sama suka bereksperimen dalam hal masak, kami juga termasuk orang yang paling antusias kalau disuruh merayakan ulang tahun anggota IPJ angkatan 2014 ini. Dibalik aura kecuekan yang terpancar, Bebs Dwil ini orangnya care banget, baik banget lah pokoknya. Dia sering bahkan selalu dipercaya orang buat jadi bendahara waktu ada even-even gitu. Tanggung jawab dan managable banget orangnya. Selain itu, karena sama-sama orang yang ‘nggak enakan’, aku sama dia sering banget datang kalau ada acara kumpul-kumpul sama senior gitu. Intinya aku sama bebs Dwilly itu KLOP banget!

Yang kedua adalah dia partner in crazy aku masalah seminar, kelas luar, workshop, dan segala sesuatu yang terkait out campus learning lah. Namanya Audia Azizah Azani. Jadi Audi sama aku itu memang suka banget belajar di luar kampus, mengenal lebih banyak orang, dan menambah relasi baru. Yaa, sambil modus-modus dikit lah biasanya wkwk. Ohiya, hal yang paling aku suka kalau lagi ngobrol sama dia adalah general knowledge-nya yang begitu kaya banget. Jadi terkadang aku malah yang belajar banyak hal dari dia. Diantara kesemua anggota IPJ 2014, Audi itu yang paling rajin blogging makanya kalau deket-deket dia aku jadi ikutan rajin blogging juga hehe. Terakhir buat dia, “You deserve the best beibi, jadi buat apa galau wkwk {}”

Selanjutnya adalah dia yang satu kampung halaman sama aku, Jawa Timur. Namanya Deffi Munadiyat Putri. Cewek yang satu ini hobi banget jajan, makan (sama kayak aku juga sih haha). Dia ini yang paling rame diantara keenam cewek yang ada di organisasi ini. So it is really easy to notice her heuheu. Jadi dia itu orang yang bisa banget mencairkan suasana atau kadang bikin suasana semakin terbakar. Loh? haha. Dia orangnya asyik, loyal kalau masalah ‘temen’, dan dia bakal support banget kalau ada masalah. Si doi ini rajin orangnya serta berdedikasi tinggi pada organisasi. Salut!

Lanjut ke orang yang paling kalem nih, gaes. *eaaa. Namanya Andika Fauziah Hapsari. Dia suka banget sama astronomi. Makanya nggak heran kalau tahun lalu dia jadi perwakilan Jawa Timur untuk OSN di bidang astronomi. Wow banget mengingat aku termasuk orang yang gagal lolos tahun itu wkwk. Dia juga orang yang loyal sama organisasi dan bisa banget kalau diajak kerja sama. Selain aktif di organisasi paduan suara dan IPJ STMKG, si doi juga aktif banget di Kerohanian Islam (ROHIS) STMKG. Idaman deh yaa hehe. Nah satu lagi yang kece adalah si doi ini juga termasuk orang yang pekerja keras, banget. Wuooo :3

Cewek yang terakhir, selain aku, adalah Hanifa Nur Rahmadini. Cewek yang terakhir ini sering banget dianggap mirip sama aku. Aku juga heran kenapa banyak yang bilang gitu padahal mah beda banget. Dia mah cantik heuheu. Nah doinya koordinatorku ini berasal dari Kota Batu. Dia itu kalau ngomong ceplas-ceplos gitu, makanya jangan pernah diambil hati lah yaa. Dia itu tipe orang yang susah percaya dengan orang tapi sekali percaya dan nyaman dia bakalan sayang banget, menjaga gitulah. Itusih yang aku lihat dari kepribadian dia selama ini. Kalau ngomong masalah pacar, si doi ini adalah pacarnya koordinator IPJ 2014 dari sejak mereka SMA. Wah kalau dulu aku nggak putus mungkin juga bakal gini wkwk.
Nah waktunya aku kenalin sama cowok-cowok kecenya, nih. Mulai dari sang koordinator yang wolesnya minta ampun, namanya M.Fakhrul Islam Masruri. Kalau aku boleh bilang, sewaktu ngomong di forum, dia itu berwibawa gitu bawaannya, tapi kalau udah di luar ya begitulah, koplak juga orangnya. Seperti yang sudah aku sebutin di awal, dia ini suantai buanget kalau kata orang Jawa. Jadi ada apa-apa ya selaw bae gitu loh. Greget sih ya kadang soalnya emang beda kayaknya sama aku yang cenderung grusa-grusu kalau ngerjain seuatu. Tapi ya inilah perbedaan kalau aku bilang. But overall, he is actually a good guy.
Masih dengan keyword yang sama yaitu “woles”. Ini ada cowok yang  juga woles bianget dan sama-sama dari Kota Batu. Kalau nggak salah nama lengkapnya itu Cakra Mahasurya Atmaja Putra. Tapi kok kayaknya salah ya, eh nggak tau lagi sih, pokoknya dia itu akrab dipanggil Cakra. Dia itu temen klopnya Fakhrul, klop banget apalagi mereka berasal dari SMA yang sama. Karena klop itu tadi, jadi Cakra itu orangnya juga suantai buanget, tapi kalau dikasih tanggung jawab, apalagi kalau pas dia niat, udah deh, KELAR cepet tuh kerjaan. Dia itu juga jago editing layout gitu ceritanya dan suka fotografi juga. Kalau ada proyek buat buletin atau majalah, yang ngurusin bagian layout ya biasanya dia. Kocak dan seru anaknya.
Selanjutnya adalah cowok yang berasal dari Pulau Dewata nih, gaes. Namanya adalah I Made Kurniawan Putra, dia biasanya dipanggil Madek. Nih bocah kocak sih, konyol mungkin lebih tepatnya apalagi hobinya nonton StandUp. Udah deh bisa bayangin sendiri kan. Kalau lihat dia mungkin terkesan arogan atau cuek, padahal sebenernya mah dia perhatian orangnya. Walaupun ditutupin dengan kata-kata kasar gitu hikshiks. Tipe-tipe orang flegmatis melankolis kalau aku bilang. Jadi jangan heran kalau dia itu termasuk tipe orang yang so sweet, sebenernya, haha. Madek itu penggiat teater dulunya, dia salah satu orang yang bekerja di belakang panggung gitu. Baik dan pekerja keras banget tapi kadang moody-an gitu dianya heuheu. Kalau ngomongin masalah desain, dia jagonya. Simple, elegan, dan keren gitu. Suka banget!
Lanjut ke daerah Sumatera ya, guys. Nih orang namanya Presli Panusunan Simanjutak. Nih satu-satunya pria batak, bukan cowok lo tapi pria. Tahu bedanya kan? hihihi. Presli itu asyik banget orangnya, kocak pula kalau udah kenal. Dia ini jago nulis, sama-sama aktif blogger juga, tapi bedanya tulisan dia seringnya yang serius-serius gitu sedangkan aku banyakan bapernya gini. Tulisan dia beberapa kali diterbitin oleh koran. Keren, kan? Ngiri nih yang tulisannya ditolak terus haha. Dia adalah orang yang concern banget sama masalah perubahan iklim, makanya tulisan dia seringnya juga tentang itu. Cocok banget deh gaul sama dia. Positif! Haha
Masih di wilayah Sumatera, cowok kece kali ini asalnya dari Padang. Namanya Bobby Satria. Bobby itu baik banget. Kalau udah cinta akan sesuatu, bakalan dia perjuangin banget deh. Sukanya lagi, dia itu ringan tangan orangnya dan peduli lingkungan. Dia juga bisa dibilang aktivis sosial di STMKG Mengajar. Kalau aku lihat, dia itu tipikal orang yang penyayang anak-anak dan itu terlihat banget sewaktu ia ngajar anak-anak SD gitu. Orang lain aja disayang, apalagi keluarganya sendiri, kan? Makanya nggak heran, kalau anak-anak didiknya di STMKG Mengajar ketagihan diajar sama dia heuheu. Dia orangnya juga appreciate banget dan rajin senyum, suka senyum malah. Prinsip dia itu senyum adalah ibadah paling mudah. Ini nih yang mesti aku contoh dari dia. Yuk permurah senyum!
Masih [lagi] dari wilayah Sumatera, tepatnya Bangka Belitung kalau nggak salah, ada yang namanya Laiza Arazak. Kalau disuruh menyebutkan satu kata yang menggambarkan dia banget, aku bakalan spontan jawab, m i s t e r i u s. Tatapannya itu lo bikin takut, walaupun nggak sampe merinding sih. Soalnya cerita punya cerita, nih orang bisa melihat dunia lain gitu. Kan serem, jak! Nih bocah biasa aku panggil “bapak” meskipun sifat dan sikapnya belum ‘nge-bapaki’ juga sih hehe peace. Si bapak itu jahil banget orangnya dan sering banget bilang, “Sudah kuduga”, dengan ekspresi yang you know lah, jaim gitu. Pengen tak lempar sendal lah rasanya. Dulu nih, chat aku itu nggak pernah dibuka sama dia, padahal dia online. Sakit banget nggak sih? Untungnya itu bukan chat cinta atau baper, lebih sakit pastinya ntar kan haha. Tapi masalahnya itu chat penting terkait organisasi bro hiks deh. But now, we are really good.
Terakhir dari wilayah Sumatera bagian Selatan adalah dia yang bernama Reza Tisa Adi Pratama. Dia itu juga penulis blogger lo. Genre tulisannya sama persis dengan kesehariannya, kocak, abis. Maklum lah, dia kan penggemar Raditya Dika haha. Diantara ke semua cowok yang ada disini, aku paling deket sama dia sih. Sering cerita-cerita gitu. He is such a good listener, dewasa juga, bisa jaga rahasia, dan yang paling aku heran-herankan adalah dia itu bisa banget nebak orang yang lagi deketin aku [di wilayah kampus]. Kata dia sih six sense, tapi ya masak iya? Hiks. Sama kayak Madek, dia itu orangnya tertutup, jadi mesti dipancing-pancing dulu kalau mau dia cerita. Itupun kalau dia lagi “mood” makan umpan pancingannya heuheu. Nggak bisa ditebak banget lah orangnya. Rumit, wek. Tapi dia baik dan nyambung banget kalau diajak ngobrol.
Yang ketujuh adalah yang satu-satunya berasal dari Papua, namanya Sterly Juren Noverino Mustamu. Jangan bilang kalau denger kata Papua kamu mesti mikir yang gitu-gitu (kayak aku dulu)? Duh, udah ketinggalan zaman serius. Nih ya kalau kamu lihat si Sterly ini, kamu nggak bakalan nemuin ‘papua-papuanya’. FYI sih, di kampus aku itu banyak orang pupua yang cantik dan ganteng seperti parameter cantik dan ganteng pada umumnya. Jadi mulai sekarang berhenti deh rasis-rasis gitu. Sterly itu paling asyik kalau diajakin kumpul atau hang-out bareng. Orang yang sering ngaku dirinya ganteng ini, dan alhamdulillahnya emang bener iya, bakalan terlihat songong kalau belum kenal tapi kalau udah kenal, dia mah gila-gila juga bzz. Dia juga bisa banget diajak kompromi dan kerja sama dalam kelompok. Makanya nggak heran kalau dia seringkali ditunjuk jadi penanggung jawab/koordinator kalau ada even-even gitu. Nah kalau ngomong fotografi, dia ini idola banget.
Lanjut ke cowok yang juga hobi banget fotografi, yaitu Bimo Satrio Nugroho. Dia dari Jawa Tengah. Jujur ya, aku emang sering banget sebel sama nih orang, sering debat kalau chat. Tapi anehnya, dia tuh kalau ketemu biasa aja, senyum-senyum mulu kayak [emang] nggak ngrasa bersalah gitu. Sedangkan aku dari awal udah berniat memasang raut muka marah dan bete kalau ketemu sama dia. Kan timpang jak jadinya? Makanya rugi banget kan kalau aku jadi satu-satunya pihak yang baper. Oh NO. Jadi ceritanya waktu aku lagi marah gitu, dia itu bakal senyum-senyum aja, entah dia emang nggak ngerti aku lagi marah atau emang dia hobi senyum. Tau deh. Tapi diantara semua sebel itu, aku tetep mau bilang makasih buat traktirannya ke aku, Audi, Sterly dulu. Ya selamat ulang tahun lah ya, doanya semoga nggak nyebelin, itu pasti. Hm diluar nyebelin, dia orangnya responsible kalau dikasih kerjaan. Dalam hal akademik dia juga juara, bos!
Ini dia yang terakhir dari Jawa Tengah sekaligus list cowok terakhir dari anggota IPJ 2014 ini. Namanya adalah Aly Ilyas. Dia itu pernah jadi delegasi Indonesia di bidang robotik-robotik gitulah, aku kurang paham. Tapi dia seringkali nutupin prestasinya dengan bilang dia biasa-biasa aja. Kece, kan? Diantara semua anggota IPJ 2014, dia itu yang paling sering thinking out of the box. Ide-idenya luar biasa, idealis lah orangnya. Nah saking out of the box nya, aku susah memahami gimana orangnya, terlebih mengingat dia adalah orang yang tertutup, banget. Satu kata, r u m i t. But overall, sebenernya dia itu orangnya baik banget, sederhana gitu, nggak neko-neko. Tapi kalau dia lagi bad mood, udah deh kelar dunia haha.
Tapi ya itu tadi, segala perbedaan, persamaan, bahkan konflik yang ada justru membangun cerita tersendiri bagiku. Aku yakin Tuhan mengirim kalian dalam hidupku karena sebuah alasan. Dan aku akan berusaha terus meyakini bahwa alasan Tuhan itu selalu baik. Terimakasih sudah menorehkan cerita dalam perjalanan hidupku. Kalian luar biasaah!

6 komentar:

  1. Saya pikir saya cowok -_-
    Ternyata saya pria :(

    Terimakasih telah memberitahu saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Loh kok sedih qaqa? Wkwk
      Bukan pria ya, aduh maaf

      Hapus
    2. jadi selama ini presli itu apa coba???

      Hapus
    3. No comment pres, deffi lo ya pres bukan aku bukan akuuuu hahahaha 😂

      Hapus
  2. warbiyasah. berasa saya jadi bensin yak.. membakar dan menghangatkan.. so sweet

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahahahahaha atasnya bensin lah ya, pertamax wkwk

      Hapus